Berita

Bupati Remigo Resmikan Pasar Klohi

12 Oktober 2017

Bupati Pakpak Bharat, Dr. Remigo Yolando Berutu, MBA, M.Fin meresmikan Pasar baru daerah yang bertempat di Kelohi, Desa Salak I, Kecamatan Salak, kamis,(12/10). Selain Bupati, hadir juga dalam acara peresmian tersebut Wakil Bupati, Ir.Hj Ilyas Padang, Sekda, Sahat Banurea,S.Sos, Kakan Kemenag Pakpak Bharat, Para Pimpinan OPD, Perwakilan dari TNI, Polri, para Kepala Desa Se kecamatan Salak, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama.

Bupati Pakpak Bharat dalam paparannya yang disampaikan oleh Kadis Koperasi & UMKM, Orba Suntuk Manik, SH, MH mengatakan proses ini sudah maksimal dilaksanakan, ada 3 jenis belerong yg kita bangun termasuk belerong tertutup, belerong terbuka, dan pasar basah. Sementara jumlah pedagang berkisar 340 untuk hari Kamis - Senin. Untuk tambahan pedagang yang masih belum memiliki tempat, pemerintah memberikan swakelola tempat yang dibangun sendiri oleh pedagang dengan ketentuan yang berlaku.

Disela-sela pemaparan, Wabup Ir. H. Maju Ilyas Padang bertanya kepada Kadis Koperasi & UMKM, "tadi pak kadis mengatakan jumlah pedagang Senin dan Kamis itu berjumlah 340, kalau hari kamis saja berapa kira-kira jumlah pedagang pak? tanya wabup. "hampir 500-an, ada pedagang musiman, tergantung suasana pak, seperti menjelang lebaran pegadang biasanya membludak", ungkap kadis Koperasi & UMKM.

Wabup juga mengatakan keluhan masyarakat terhadap akses jalan menuju lokasi onan/ pasar baru ini yang sangat sulit dilalui oleh kendaraan beca bermotor. Untuk akses jalan kata kadis ada alternatif jalan yang akan dibangun, direncanakan akses jalan di pusatkan dari Uruk Ndeas menuju pekan kelohi, ujar kadis.

Kemudian untuk tempat ibadah lanjut kadis, seperti yang di utarakan Kakan Kemenag Pakpak Bharat, "kita akan bangun, perencanaan sarana ibadah juga telah direncanakan, maket sudah ada, ini untuk jangka panjang, ujar kadis.

Dalam penutupannya tidak lupa kadis mengungkapkan rasa syukur atas terjadinya perubahan positif pada pasar baru daerah dengan diresmikannya Pasar Kelohi. Usai peresmian bupati dan rombongan langsung turun meninjau lokasi Pasar kelohi. (info)


Berita Lainnya