Berita

RENCANA SISTEM PEMBAYARAN E-RETRIBUSI DI PASAR KABUPATEN PAKPAK BHARAT

5 Juni 2018

Kemajuan teknologi memberikan manfaat, salah satunya pada transaksi perbankan yang kini semakin memudahkan pengguna, salah satunya melalui penerapan akses pembayaran online. Metode pembayaran ini ternyata memberikan banyak keuntungan. Rencana Sistem Pembayaran Retribusi Pedagang Pasar On-line atau e-Retribusi di Pasar yang ada di Kabupaten Pakpak Bharat telah dibicarakan langsung oleh Kepala Dinas Koperasi, UMKM Kabupaten Pakpak Bharat, Kadis Komoinfo, Pimpinan Bank Sumut Capem Salak, Sekretaris Dinas Koperasi, Kabid Industri dan Perdagangan, Kabid Koperasi serta Kasi Pengelolaan dan Pengembangan Pasar.

Adapun tujuan daripada pertemuan ini adalah adanya rencana pembayaran retribusi pasar secara online atau e-retibusi yang akan disetorkan langsung ke Bank Sumut dan tidak lagi menggunakan uang tunai. Pimpinan Bank Sumut Cabang Pembantu Salak mengatakan dengan sistem pembayaran retribusi pasar yang selama ini menggunakan uang tunai, dapat mempermudah sistem pembayaran dengan Non-Tunai yang manfaatnya antara lain :

  1. Secara administratif menjadi lebih tepat dan terperinci sehingga menurunkan biaya kebocoran;
  2. Transaksi lebih detail, pembayaran sesuai dengan tarif yang dibebankan” ujar Iwanta Sitepu.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro,Kecil dan Menengah Kabupaten Pakpak Bharat mengatakan sangat menyambut baik program tersebut, semoga berjalan dengan semestinya dan penerimaan retribusi tersebut tidak lagi menggunakan uang tunai. Pada bulan yang lalu, Pihak Bank Rakyat Indonesia  Cabang Pembantu Salak juga mendatangi Kantor Dinas Koperasi, Usaha Mikro,Kecil dan Menengah Kabupaten Pakpak Bharat dengan hal yang sama, yaitu tentang rencana pembayaran retibusi  pasar secara on-line.


Berita Lainnya