Berita

KEMENTERIAN PERINDUSTRIAN SURVEY GAMBIR KE PAKPAK BHARAT

24 September 2018

Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat melalui Dinas Koperasi Usaha Mikro,Kecil dan Menengah Kabupaten Pakpak Bharat telah membuat Proposal tentang peralatan gambir. Tanggapan pun telah dilakukan guna mensurvey seberap luas daun Gambir yang telah di proses oleh para petani gambir yang ada di Kabupaten Pakpak Bharat. Adapun  para petani gambir yang telah dikirimkan ke Kemeterian Perindustrian adalah di 4 (empat) Kecamatan : 1. Kecamatan Kerajaan, 2 Kecamatan Pergetteng-getteng Sengkut, 3. Kecamatan Sitellu Tali Urang Jehe dan 4. Kecamatan Tinada.

Kepala Dinas Koperasi,Usaha Mikro,Kecil dan Menengah Kabupaten Pakpak Bharat Bapak Mordehai Orba Suntuk,SH.,MH dan didampingi Kasi Bina Sarana dan Teknologi Industri Mhd. Suntuk Berutu. Tim dari Kementerian Perindustrian yaitu, Drs. Jenih,MM Kasubdit IKM Kimia dan Bahan Bangunan, Rudy A. Sinaga,M.Si Kasi Sumber Dya IKM KKB Kementerian Perindustrian langsung turun ke lokasi petani Gambir di Kecamatan Pergetteng-getteng Sengkut guna melihat langsung peralatan yang digunakan para petani gambir tersebut. Bapak Drs. Jenih,MM mengatakan agar Dinas Koperasi,UMKM membuat pelatihan kepada para petani Gambir pada Bulan Oktober mendatang.

Kepala Dinas Koperasi,UMKM Kabupaten Pakpak Bharat mengatakan sangat berharap kepada Kementerian Perindustrian kiranya dapat membantu Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat terutama di Bidang Peralatan dan lainnya . Bapak Jenih mengatakan, Dirjen IKM Kementerian Perindustrian akan berusaha penuh guna memberikan peralatan kepada masyarakat terutam petani Gambir, dikarenakan Gambir adalah salah satu Produk dari Kabupaten Pakpak Bharat. Kepala Dinas Koperasi, UMKM juga memberikan Minyak Sereh Wangi dari Kecamatan Pagindar, dan Pihak dari Kemenperin juga sangat antusias untuk bertanya penuh tentang cara pembuatan minyak tersebut dan peralatan yang digunakan oleh petani minyak sereh tersebut. admum

 


Berita Lainnya