Berita

Kriya Nusa 2018, ajang promosi Produk Unggulan Kabupaten Pakpak Bharat

4 Oktober 2018

Pameran karya kreatif bertajuk Kriya Nusa 2018 digelar di Jakarta Convention Centre (JCC) - Jakarta. Pameran aneka kerajinan khas Indonesia dibuka oleh Ibu Iriana Joko Widodo yang didampingi Ibu Mufidah Jusuf Kalla. Pameran karya kreatif yang menampilkan aneka kerajinan tangan khas Indonesia ini sudah memasuki tahun ketiga. Ratusan Perajin dari berbagai daerah menampilkan karya terbaik mereka. 

Sejumlah produk Pelaku Ekonomi Kreatif yang ada di Kabupaten Pakpak Bharat turut dipamerkan dalam pameran ini yang diselenggarakan selama lima hari, 26-30 September 2018 atas kerjasama Dinas Koperasi UMKM dan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Pakpak Bharat. 

Ketua Dekranasda Kabupaten Pakpak Bharat Ny. Dewi Remigo Yolando Berutu yang diwakili oleh Koordinator Bidang Promosi Ibu Rumatha Samosir mengharapkan pada Kriya Nusa 2018 selain promosi dan pameran ajang ini juga dapat mengembangkan inovasi dan kreasi, sehingga kerajinan karya Pelaku Usaha Ekonomi Kreatif  di Kabupaten Pakpak Bharat semakin berkualitas dan bisa bersaing di kancah nasional bahkan internasional.

Ada banyak produk unggulan yang dipromosikan di stand Kabupaten Pakpak Bharat, diantaranya Tenun Songket, Tenun Oles (Ulos), Kerajinan Bordir, Kerajinan Kayu, Kerajinan Batok Kelapa, Teh Herbal Gambir yang merupakan produk turunan tanaman gambir dan Kopi Bubuk Robusta "Lapang" serta Minyak Atsiri Sereh Wangi.

Kepala Dinas Koperasi UMKM Mordehai Orba Suntuk, SH., MH berharap melalui ajang Kriya Nusa 2018 dan pameran sejenis lainnya, produk-produk unggulan Kabupaten Pakpak Bharat semakin dikenal luas dan mampu menembus pasar nasional bahkan internasional untuk meningkatkan pendapatan para Pelaku Usaha Mikro dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Disamping itu juga, ajang ini dapat mengenalkan budaya Pakpak kepada masyarakat luas dan sebagai pengobat rindu bagi masyarakat Pakpak yang berkesempatan datang berkunjung ke stand.

Stand Kabupaten Pakpak Bharat yang didesain unik dengan ciri khas ornamen Pakpak, ramai dikunjungi oleh visitor secara khusus penikmat seni, disamping ingin mengetahui dan membeli produk-produk yang dipamerkan, juga mengabadikan salah satu bentuk kekayaan budaya Indonesia dengan berfoto bersama. (Ekraf)

 


Berita Lainnya