Berita

Business Meeting Pengusaha India, Singapore,Pelaku UMKM Kab. Pakpak Bharat dan PD. Pakpak Agro Lestari

30 September 2019

Konsulat Jenderal (Konjen) Negara India Di Medan berkerjasama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumatra Utara membuat terobosan penting dengan menggandeng pelaku usaha yang tergabung dalam asosiasi usaha  pengusaha komoditi pertanian Negara India (APDA-Agricultural and Processed Food Products Export Development Authority) dan pelaku usaha Indonesia yang tergantung dalam Kamar Dagang dan Industri Sumatra Utara (KADINSU). APEDA mendatangkan kurang lebih 15 (lima belas) perusahaan Negara India dari sektor pertanian.

Kegiatan tersebut di gelar rabu, 18 September 2019 Bertempat di Hotel JW Marriot jln. Putri Hijau Medan. Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dalam hal ini diwakili oleh DR. Ir. R. Sabrina,M.SI (SEKDAPROVSU) Menyatakan dukungannya atas kegiatan tersebut diatas dengan harapan dapat meningkatkan volume dan kouta perdangangan antara Provinsi Sumatera Utara dengan Negara India secara langsung via pelabuhan Belawan tanpa harus  transit di Jakarta.

Kegiatan diawali paparan dari pihak PEMPROVSU yang disampaikan oleh Dr. Ir. R Sabrina, M.Si yang mempromosikan komoditi Pertanian yang berasal dari Sumatra Utara dan telah diekspor ke berbagai negara termasuk India baik secara langsung dari pelabuhan Belawan maupun via Jakarta. Secara timbal balik General Manager APEDA yakni Dr. Tarun Bajaj juga memaparkan potensi bisnis pada sektor pertanian yang dapat dikerjasamakan diantara kedua Negara secara langsung.

Acara ‘’Business Matching’’ merupakan forum yang sangat strategis dan penting dalam membuka akses bertatap muka langsung dengan para pelaku usaha yang pada gilirannya akan mengerucut kepada terwujudnya transaksi perdagangan dan kerjasama bisnis pada sektor komoditi pertanian pada khususnya dan komoditi lainnya, ujar Dr Jonner Napitupulu wakil ketua umum KADIN Sumut. Hal ini diaminkan oleh Mrs. Vinita Sudhanshu Deputi General Manager APEDA.

Pada kesempatan ini Dinas Koperasi UMKM Kabupaten Pakpak Bharat dalam hal ini diwakili oleh Jonni Feber Solin, SE., M.Si (Sekretaris Dinas) turut serta dalam sesi  Business Matcing yang diikuti oleh para pelaku usaha yakni PD. Pakpak Agro Lestari (PD. PAL) yang diwakili oleh Tigan Solin,SE dan Juanto HM Haloho yang turut serta mempromosikan produk unggulan Kabupaten Pakpak Bharat. Dalam hal ini juga Dinas Koperasi UMKM Kabupaten Pakpak Bharat mengikutsertakan pengusaha Bapak Benar Bancin dari UD Maju Bersama yang menawarkan teh gambir herbal dan bubuk/ekstrak gambir serta pengusaha minyak serai wangi Bapak Mangorom Manik. Keikutsertaan para pelaku UMKM/Pengusaha ini berkat fasilitasi Bapak Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Pakpak Bharat Mordehai Orba Suntuk, SH.,MH. Semoga setelah mengikuti event ini para pelaku usaha di Kabupaten Pakpak Bharat Khususnya yang bergulut di sektor agribisnis, agroindustri dan perdagangan komoditi pertanian mendapatkan askes pemasaran yang lebih luas secara khusus yang berbasis ekspor. Adm Um


Berita Lainnya