Berita

Dinas Koperasi UMKM selenggarakan pelatihan bagi Perajin Kayu dan Bambu

1 November 2019

Dalam rangka meningkatkan produktivitas dan kreativitas Perajin Kayu dan Bambu, Pemerintah Kabupaten Pakpak melalui Dinas Koperasi UMKM bekerjasama dengan Dekranasda Kabupaten Pakpak Bharat melaksanakan Pelatihan Kerajinan Kayu dan Bambu di Gedung Workshop, Desa Traju Kecamatan Siempat Rube Kabupaten Pakpak Bharat.

Kegiatan pelatihan ini telah dibuka secara resmi oleh Kadis Koperasi UMKM dalam hal ini diwakili oleh Kepala Bidang Industri dan Perdagangan Ibu Dumarita Purba, SP pada Selasa 29 Oktober 2019. Turut hadir dalam pembukaan ini adalah Kasi Ekonomi Kreatif Dinas Koperasi UMKM beserta staf yang membidangi, Pj. Kades Kecupak II Bapak Sinaga, Pendamping Koperasi UMKM dan adik-adik SMK yang sedang melakukan Praktek Kerja Lapangan.

Dalam sambutannya Ibu Dumarita Purba berpesan agar seluruh peserta dengan sungguh-sungguh mengikuti kegiatan tersebut mengingat kegiatan dan kesempatan seperti ini belum tentu ada di hari-hari mendatang dan tetap menjaga stamina mengingat pelatihan ini akan dilaksankan selama 18 (delapan belas) hari kedepannya. Selama 18 hari pelaksanaan pelatihan, nantinya akan dilakukan evaluasi bagi peserta oleh instruktur yang berkompeten di bidangnya dan dimonitor langsung oleh Kadis Koperasi UMKM Bpk. Mordehai Orba Suntuk Manik, SH., MH.

Sebagai wujud keseriusan Kadis Koperasi UMKM dalam membina Perajin yang ada di Kabupaten Pakpak Bharat, peserta pelatihan yang berjumlah 10 orang (berasal dari 5 kecamatan) dilatih oleh instruktur yang sangat kompeten di bidangnya Bapak Petrus Nainggolan dari Kota Singaraja Kabupaten Buleleng Provinsi Bali. Beliau telah memiliki sertifikat keahlian di bidangnya seperti : Mebel Ukir (Sasana Hasta Karya Gianyar Bali), Finishing (PIKA Semarang) dan Sertifikat Kompetensi Pengerjaan Pengukiran Kayu Dengan Teknik Lemahan  dari Lembaga Sertifikasi Profesi Furnitur dan Kayu Olahan. (Ekraf)


Berita Lainnya