Berita

BUPATI PAKPAK BHARAT TINJAU PELATIHAN KERAJINAN KAYU DAN BAMBU

20 November 2019

Pada Senin 18 Nopember 2019, Pj. Bupati Pakpak Bharat Dr. H. Asren Nasution, MA didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Pakpak Bhara, Sahat Banurea S.Sos, M.Si mengunjungi Kegiatan Pelatihan Kerajinan Kayu dan Bambu yang telah berlangsung sejak tanggal 29 Oktober s/d 18 Nopember 2019 di Gedung Workshop Desa Traju Kecamatan Siempat Rube yang diselenggarakan oleh Dinas Koperasi ,UMKM bekerjasama dengan Dekranasda Kabupaten Pakpak Bharat.

Kepala Dinas Koperasi UMKM, Mordehai Orba Suntuk, SH., MH beserta jajaran dan Instruktur Pelatihan Petrus Nainggolan menyambut langsung kedatangan Bupati Pakpak Bharat beserta rombongan yang disertai tabuhan genderang oleh peserta pelatihan kerajinan. Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Ketua Fraksi Partai Demokrat Hotmauli Malau, Ketua Fraksi Partai Gerindra  Rismawaty Bancin, Asisten Pemerintahan Drs. Tekki Angkat, Inspektur Kabupaten Budianta Pinem, SE., Ak, Kadis Pariwisata Drs. Bambang Banurea, Kepala Desa asal peserta pelatihan, beberapa pejabat beserta staf di lingkungan Pemkab Pakpak Bharat, dan unsur masyarakat.

Dalam kunjungannya Bupati Pakpak Bharat beserta rombongan, begitu juga perwakilan DPRD Kabupaten memberikan apresiasi atas produk-produk yang telah dihasilkan selama pelatihan berlangsung dan berpesan agar kedepannya seluruh Perajin dapat meningkatkan produktivitas dan kreativitasnya dalam rangka meningkatkan pendapatan bahkan kesejahteraan para Perajin.

Disela-sela acara Kadis Koperasi UMKM menjelaskan bahwa untuk mendapatkan hasil yang maksimal program/kegiatan ini seyogyanya dilaksanakan selama 3 bulan dengan peserta minimal sebanyak 30 orang. Mengingat anggaran yang terbatas, kegiatan pelatihan kerajinan ini hanya dilaksanakan selama 18 hari. Untuk itu sangat diharapkan perhatian dan dukungan dari seluruh pihak secara khusus pemangku jabatan agar dihari-hari mendatang tetap ada program/kegiatan sejenis demi peningkatan produktivitas dan kreativitas para Perajin. Begitu juga dengan pengadaan-pengadaan yang ada di lingkup Pemkab Pakpak Bharat yang ada kaitannya dengan seni dan kerajinan, untuk dapat memanfaatkan asosiasi yang telah dibentuk oleh peserta pelatihan yakni Asosiasi Seni dan Kerajinan Pakpak Bharat sebagai bentuk upaya pembinaan UMKM secara khusus Pelaku Usaha Ekonomi Kreatif. 

Sebagai wujud keseriusan Kadis Koperasi UMKM dalam membina Perajin yang ada di Kabupaten Pakpak Bharat, peserta pelatihan yang berjumlah 10 orang (berasal dari 5 kecamatan) dilatih oleh instruktur yang sangat kompeten di bidangnya Bapak Petrus Nainggolan dari Kota Singaraja Kabupaten Buleleng Provinsi Bali. Beliau telah memiliki sertifikat keahlian di bidangnya seperti : Mebel Ukir (Sasana Hasta Karya Gianyar Bali), Finishing (PIKA Semarang) dan Sertifikat Kompetensi Pengerjaan Pengukiran Kayu Dengan Teknik Lemahan dari Lembaga Sertifikasi Profesi Furnitur dan Kayu Olahan.

Setelah penutupan Pelatihan Kerajinan Kayu dan Bambu, melalui Asosiasi yang terbentuk, seluruh peserta juga akan mendapatkan mesin/peralatan kerajinan dan sertifikat yang ditandatangani langsung oleh Kadis Koperasi UMKM dan juga Instruktur yang telah memiliki Sertifikat Kompetensi. Kedepannnya Dinas Koperasi UMKM Kabupaten Pakpak Bharat dan Instruktur akan tetap melakukan monitoring terhadap hasil pelatihan yang telah dilaksanakan begitu juga dengan penggunaan/pemanfaatan dari mesin/peralatan yang telah diberikan . (Ekraf)


Berita Lainnya