Berita

KERJASAMA DINAS KOPERASI,UMKM KAB.PAKPAK BHARAT DAN DINAS KOPERASI,UKM PROVSU

9 Juli 2020

Kabupaten Pakpak Bharat memiliki tanaman serai wangi yang saat ini sudah diolah menjadi produk yang menarik dan bermanfaat. Salah satu UMKM mengolahnya menjadi sabun serai wangi yang dapat mengurangi flek hitam pada wajah dan balsam serai wangi yang dapat menghangatkan tubuh jika kita menolesnya pada kulit. Perusahaan Daerah Pakpak Agro Lestari juga mengeluarkan produk hand sanitizer aroma serai wangi yang mampu membersihkan tangan terlebih dalam masa pandemi covid-19 ini.

Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat melalui Dinas Koperasi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah melakukan beberapa strategi pengembangan dan pemasaran produk unggulan olahan serai wangi, salah satunya adalah menjalin kerjasama dengan Dinas Koperasi & UKM Provinsi Sumatera Utara agar produk tersebut dapat digunakan setiap OPD di Kota Medan.

Pada hari jumat, tanggal 03 Juli 2020 diadakan pertemuan di Kantor Dinas Koperasi & UKM Provinsi Sumatera Utara dan dilanjut pertemuan di Gedung Promosi Dagang UKM. Pertemuan tersebut dihadiri oleh Plt. Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumatera Utara Bapak Ridho Haykal Amal beserta jajarannya, Kepala Dinas Koperasi UMKM Kab. Pakpak Bharat Bapak Mordehai Orba Suntuk Manik beserta jajarannya dan Direktur PD. Pakpak Agro Lestari Bapak Tigan Solin. Dalam Pertemuan tersebut dikenalkan produk turunan serai wangi seperti sabun serai wangi, balsem serai wangi dan hand sanitizer serai wangi. Pihak Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumatera Utara menyambut baik kedatangan rombongan dari Kabupaten Pakpak Bharat dan akan menggunakan produk – produk tersebut.

Diharapkan dengan adanya pertemuan ini, produk turunan serai wangi dapat digunakan masyakarat Sumatera Utara sehingga mampu menyejahterakan para petani serai wangi dan pengusaha produk turunan serai wangi.


Berita Lainnya