Berita

Kegiatan Pelatihan Akuntansi Bagi pengurus/pengawas/anggota Koperasi di kab.Pakpak Bharat

23 Agustus 2021

Salak (15/06/2021). Untuk meningkatkan kemampuan koperasi dalam menyajikan laporan keuangan dengan baik dan benar sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku. Dinas Koperasi, Usaha Mikro Kecil, Menengah, Perindustrian dan Perdagangan                   Kab. Pakpak Bharat menyelenggarakan Pelatihan Akuntansi Bagi Pengurus, Pengawas, Anggota atau Pengelola Koperasi di Gedung Kopwan Pesada Perempuan, Jln. Sirpang Jambu Desa Traju Kec. Siempat Rube Kab. Pakpak Bharat  pada tanggal 15 s.d 17 Juni 2021.

Acara pelatihan ini dibuka oleh Sekretaris Dinas Koperasi, Usaha Mikro Kecil, Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Kab. Pakpak Bharat (Salpinus Pardosi, Ak) didampingi oleh Kepala Seksi Kelembagaan (Aminuddin Manik, SST) dan Kepala Seksi Pengawasan (Lukkas Syahputra Berutu, SH) beserta staf. Sekretaris Dinas Koperasi, Usaha Mikro Kecil, Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Kab. Pakpak Bharat menyampaikan bahwa dengan mengikuti pelatihan selama 3 (tiga) hari ini saya harap dapat memahami lebih dari cukup, tetaplah belajar dan belajar lagi, melalui proses akuntansi dengan pemahaman yang cukup diharapkan akan menghasilkan laporan yang sehat.  

Sasaran pelatihan adalah pengurus, pengawas, anggota atau pengelola koperasi dan adapun tujuan pelaksanaan kegiatan ini untuk menambah pengetahuan dan keterampilan bagi pengurus, pengawas, anggota atau pengelola usaha koperasi dengan prinsip-prinsip akuntansi sehingga keuangan koperasi berjalan tertib dengan sistem akuntansi keuangan (SAK) ETAP. Laporan Keuangan yang baik akan meningkatkan kepercayaan anggota dan pihak luar. Kegiatan pelatihan ini menghadirkan narasumber dari Lembaga Sertifikasi Profesi Koperasi Jasa Keuangan. Materi yang disampaikan adalah dasar-dasar akuntansi mulai dari pengertian akuntansi, debet, kredit, neraca, laporan perhitungan hasil usah atau laba/rugi yang dilanjukan dengan proses pembukuan akuntansi keuangan koperasi dengan contoh kasus dan pembahasan alur akuntansi mulai dari analisa transaksi menjadi jurnal, merekapnya ke buku besar, membuat neraca saldo, memindahkan ke kertas kerja atau neraca lajur, sampai dengan laporan posisi keuangan dan laporan perhitungan hasil usaha atau laporan laba rugi


Berita Lainnya