Perdagangan

Operasi Pasar Murah

13 Juli 2015

Melihat pengalaman kita di tahun-tahun sebelumnya, setiap kali menjelang Hari Raya Idul Fitri segala kebutuhan-kebutuhan hidup terutama kebutuhan sembako (sembilan bahan pokok) dan barang-barang strategis lainnya akan mengalami lonjakan kenaikan harga yang signifikan, bahkan kadang ada jenis komoditi tertentu yang mengalami kelangkaan.

Fenomena ini hampir setiap tahun melanda kita semua, dan hal ini berlaku bukan hanya kepada kita saja Masyarakat Kabupaten Pakpak Bharat, bahkan di tingkat nasional hal ini juga tidak dapat dihindarkan.

Beranjak dari pengalaman-pengalaman di tahun-tahun sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat melalui Dinas Perindagkop & UMKM kembali menggulirkan sebuah terobosan yang dibungkus dalam sebuah kegiatan “Operasi Pasar Murah” yang diharapkan dapat meringankan beban masyarakat khususnya yang beragama Islam untuk memenuhi kebutuhan hidup dalam rangka merayakan Hari Raya Idul Fitri 1436 H. Pelaksanaan Operasi Pasar Murah menjelang Hari Raya Idul Fitri 1436 H ini, sudah dilaksanakan di seluruh kecamatan dan berjalan dengan baik dan sukses Pada Tahun 2015 Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat melalui Dinas Perindagkop dan UMKM menyiapkan 2500 paket sembako bersubsidi untuk 8 kecamatan yang dibagi menjadi dua tahap. Tahap pertama disalurkan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1436 H, dengan rincian :

A. Kecamatan Sitellu Tali Urang Julu : 135 paket

B. Kecamatan Pergetteng-Getteng Sengkut: 175 paket

C. Kecamatan Salak : 225 paket

D. Kecamatan Siempat Rube : 90 paket

E. Kecamatan Tinada : 115 paket

F. Kecamatan Kerajaan : 225 paket

G. Kecamatan Sitellu Tali Urang Jehe : 250 paket

H. Kecamatan Pagindar : 75 paket

Sedangkan tahap kedua dilaksanakan pada Bulan Desember Tahun 2015 tepatnya menjelang Hari Natal Dan Tahun Baru. Adapun harga perpaket di pasaran adalah Rp. 112.000,-. subsidi dari pemerintah sebesar Rp. 45.000,-/paket, sehingga masyarakat hanya membayar Rp. 67.000,-/paket.

Adapun Masing-masing paket berisi :

- Gula Pasir : 2 kilogram

- Minyak Goreng : 2 liter

- Beras : 5 kg

Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat mengajak kita semua untuk selalu bergandengan tangan, bahu membahu untuk mengisi pembangunan di Kabupaten Pakpak Bharat yang kita cintai ini untuk mencapai masyarakat yang sejahtera. Semoga kegiatan ini dapat berkelanjutan pada tahun-tahun mendatang.

Akhir kata, kami mengucapkan selamat menunaikan Ibadah Puasa dan selamat menyambut Hari Raya Idul Fitri 1436 H.


Perdagangan Lainnya